Selasa, 29 Januari 2013

Mau Langsing? Biasakan Minum Air Putih Setiap Hari



Mulai dari metode diet rendah karbohidrat hingga vegetarian, ada satu kesamaan yang ditekankan yaitu meminum air yang banyak dapat menurunkan berat badan. Bagaimana sebenarnya air dapat berperan pada keinginan memiliki tubuh yang proporsional?

Sebuah penelitian di Jerman membuktikan, konsumsi air 0,2 liter dalam sehari dapat membakar kalori hingga 35 ribu dalam setahun. Ini artinya, tubuh akan mengalami penyusutan 5Kg dalam satu tahun.

Penelitian ini melibatkan 14 perempuan dan laki-laki yang dipantau berat badannya, sebelum dan sesudah meminum 0,4 liter air. Dalam waktu 10 menit, metabolisme tubuh mengalami peningkatan. Setelah 40 menit, para responden menunjukkan pembakaran kalori hingga 30 persen dan terus meningkat hingga satu jam.

Lalu berapa banyak air yang harus diminum saat kita sedang melakukan diet? Jens Jordan, MD, yang merupakan ketua penelitian menjawab, sangat tergantung pada pola konsumsi yang kita miliki. Tapi rekomendasi yang aman, Jordan menambahkan, adalah meminum 8-12 gelas air dalam sehari. Dan pilihlah air dingin, karena ternyata suhu tubuh yang lebih hangat dibanding cairan yang masuk dalam tubuh dapat meningkatkan pembakaran kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar