Senin, 04 Februari 2013

4 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Wanita Untuk Menyeimbangkan Hormon


Hormon memegang peran yang penting dalam menentukan kesehatan para wanita. Ketika hormon kita mengalami fluktuasi, maka tidak jarang mood dan kesuburan kita bisa kena dampaknya. Oleh sebab itu, mari atasi ketidakseimbangan hormon dengan mengonsumsi 4 makanan berikut:
 

Buah dan sayuran.
 

Tidak hanya sumber serat, vitamin , mineral dan rendah lemak saja. Buah dan sayuran adalah asupan yang mengandungan phytoestrogen. Yaitu zat kimia yang strukturnya hampir sama dengan hormon estrogen dan bisa menjadi penyeimbang estrogen dalam tubuh. Dapatkan phytoestrogen dalam brokoli dan bayam. Menurut pakar nutrisi, Kate Neil, mengonsumsi buah akan menambahkan asupan boron dalam diet kita. Dimana boron dapat bertugas sebagai “penjaga” kalsium, sehingga mampu menjaga tulang kita tetap kuat. Temukan boron pada apel, blueberries, pir, pisang, dan stroberi.

Cinnamon.

 
Ini dia sahabat hormon insulin. Seperti yang dilaporkan oleh Agricultural Research Magazine pada April 2004, para peneliti menemukan cinnamon mampu “meniru” insulin. Bila bekerja bersama-sama mereka akan menghasilkan hasil yang optimal, dibanding bekerja sendiri-sendiri. Hormon insulin sangat penting untuk menuntun kadar gula (glukosa) ke sel untuk menghasilkan energi. Para peneliti percaya, cinnamon dapat membantu  enzim yang menstimulasi reseptor insulin pada sel agar bekerja lebih baik.

Teh hitam.

 
Pangkas hormon kortisol hingga 47% dengan menyeruput teh hitam. Hal ini diperkuat dengan temuan penelitian yang dilakukan oleh University College London, dimana para sukarelawan diminta untuk menyelesaikan sebuah soal yang sulit. Hasilnya, para sukarelawan yang rutin meminum teh hitam menyelesaikan tugas dalam waktu 1 jam dan mengalami penurunan kartisol hingga 47%. Sedangkan, yang lain hanya turun 27%. Ketua penelitian, Andrew Steptoe, PhD, menduga kandungan alami dalam teh hitam, seperti polyphenol dan flavonoid, inilah yang berperan dalam memberikan efek menenangkan.

Minyak ikan.

 
Sebuah studi menunjukkan adanya kaitan antara kesuburan dengan jumlah ikan yang kita konsumsi. Minyak ikan bisa menyeimbangkan hormon, lalu meningkatkan kadar hormon tersebut dan mempercepat peredaran darah ke uterus. Semakin banyak kita mengonsumsi asam lemak Omega-3 dari ikan, semakin rendah pula risiko kita mengalami bayi prematur dan kemandulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar