Sabtu, 02 Februari 2013

Menjaga Asupan Kalori Normal Akan Menyehatkan Tubuh



Rumus penurunan berat badan adalah, kalori yang dibakar dalam satu hari minus kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan hanya ada dua kemungkinan, total energi yang positif atau negatif. Mana yang Anda pilih?
Sebelum Anda menjawab pertanyaan tersebut, mari kita coba hitung-hitungannya secara nyata. Pada 2  Kg daging, terdapat 3.500 kalori. Sedangkan pada 1 Kg lemak, tumpukan kalori yang ada di dalamnya adalah 7.500-8.000 kalori. Jika kita berhasil membakar 500 kalori dari lemak yang kita makan dalam seminggu, maka berat badan akan susut sebanyak 1-2 Kg.

Tapi tubuh adalah sistem yang sangat kompleks. Jika tubuh terlalu cepat untuk memotong kalori masuk ke dalam tubuh, metabolisme memang akan melambat dan berat menurun. Tapi tubuh akan kesulitan mencari jumlah kalori yang biasa diasupnya dari berbagai penjuru, salah satunya dengan menciptakan rasa lapar. Alhasil, bobot tubuh kembali naik.

Maka perlu diingat, untuk mengurangi kalori dengan signifikan tapi tetap menjaga kecepatan metabolisme tubuh adalah dengan memberikan segala sesuatunya sesuai kebutuhan. Adapun kebutuhan kalori orang dewasa rata-rata adalah 2000-2200 kalori, dengan pembagian karbohidrat 60-75%, protein 10-15%, dan lemak 10-25%. Jumlah yang normal akan membuat tubuh meningkatkan sel imun baru untuk membuat kita tidak hanya memiliki ukuran tubuh proporsional plus sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar